Friday, December 27, 2019

7 Tips Cara Menjadi Master of Ceremony / MC

Dengan meningkatnya event yang ada di negara ini, permintaan akan pembawa acara lebih tinggi dari sebelumnya menjadikannya waktu yang tepat untuk memulai bisnis sebagai master of ceremony! Namun, menjadi seorang mc profesional memerlukan keterampilan, praktik, dan profesionalisme yang tulus. Tapi jangan khawatir karena berikut adalah 7 tips dasar saya tentang cara menjadi MC! Bahkan untuk menjadi mc ulang tahun anak juga Anda harus tetap berlatih tips ini..

1. Penelitian & Studi

Dalam hal pendidikan, ruang lingkup menjadi pembawa acara dibahas di public speaking dan berbicara di depan umum. Anda dapat melakukan penelitian dan belajar melalui metode ini;

  • Berteman dengan pembawa acara lainnya. Memang benar bahwa pengetahuan tidak datang secara gratis tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat meminta bantuan dari mereka.
  • Dapatkan umpan balik dari orang lain. Meskipun mereka mungkin tidak memiliki pengalaman sebagai pembawa acara, mereka masih memiliki akal sehat dan sudut pandang sendiri yang bisa sangat berguna.
  • Internet memiliki semuanya. Temukan semua yang Anda bisa tentang menjadi pembawa acara dari internet sama seperti apa yang Anda baca sekarang!
  • Bergabunglah dengan pelatihan, seminar, kelas, dan lokakarya yang dapat membantu Anda mendapatkan wawasan ekstra tentang menjadi pembawa acara.


2. Bersiaplah

Tidak masalah seberapa baik Anda, selalu bersiaplah!
  • Buat rencana - ketahui apa yang seharusnya Anda lakukan dan harapkan yang tidak terduga.
  • Kenali audiens Anda dan acara tersebut.
  • Persiapkan skrip Anda, kartu petunjuk, lembar bicara, program, dll.
  • PRAKTEK.
  • Datanglah lebih awal sebelum acara untuk gladi resik.
  • Berlatih pemanasan vokal dan wajah sebelum acara.
  • Jangan pernah melewatkan soundcheck!



3. Berpakaian yang Layak dan Sesuai

Penampilan Anda akan menjadi kesan pertama untuk tidak hanya audiens, tetapi juga prospek dan klien Anda. Apa pun yang dikatakan orang kepada Anda, dalam industri ini, kesan pertama penting. Berpakaian bagus, sesuai dan sesuai dengan acara serta lingkungan tempat acara yang Anda kunjungi. Identifikasi apakah ada persyaratan warna, budaya, dan etiket pakaian yang terlibat serta apakah acara yang akan Anda ikuti adalah acara formal / resmi atau sekadar acara santai. Pastikan Anda belajar grooming profesional juga!



4. Bersikap Teliti Tentang Scripting

Berhati-hatilah saat mencatat naskah Anda. Rencanakan apa yang akan Anda katakan, terutama ketika Anda baru memulai sebagai pembawa acara. Pastikan Anda memiliki pengantar, isi, dan penutup dalam pengumuman Anda.


5. Bersenang-senanglah

Bersemangatlah dan bersenang-senanglah dengan apa yang Anda lakukan. Ketika Anda bersenang-senang, Anda tidak hanya santai, tetapi Anda juga akan lebih percaya diri dan menunjukkan getaran antusias yang memungkinkan orang bersenang-senang mendengarkan Anda juga! Cobalah untuk tidak terlalu bersenang-senang. Ingatlah untuk tetap fokus.


6. Jadilah Percaya Diri

Keyakinan adalah alat yang sangat kuat. Itu dapat mengubah tingkat kinerja Anda, membuat Anda tersenyum serta mendapatkan kepercayaan dan jaminan dari audiens Anda. Jika Anda tidak dilahirkan dengan sikap percaya diri itu, jangan khawatir! Anda bisa belajar bagaimana menjadi percaya diri.


7. Bangun Reputasi Anda

Jika Anda berencana untuk melanjutkan lebih lanjut sebagai pembawa acara lepas, kumpulkan bukti kinerja Anda dan kerajinan portofolio Anda untuk ditinjau oleh klien dan prospek Anda. Ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak peluang di industri ini. Ini agak mirip dengan resume. Jika Anda dapat mengatur kamera untuk video dan gambar, lakukan saja!

Semoga artikel ini membantu Anda dalam usaha Anda.

No comments

Post a Comment

© Les Bahasa Jepang yang Fun & dijamin cepat Bisa
Maira Gall